1 tahun ago

Ayo Masak Sahur Cepat dan Sehat

Berpuasa tidak menjadi batasan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, baik itu sekolah, bekerja, atau melakukan perjalanan. Cara agar tubuh tetap fit selama berpuasa adalah dengan memberi asupan gizi ketika sahur. Oleh karena itu, makan sahur menjadi penting sebab akan menjadi sumber energi kita untuk beraktivitas

Namun kita sering kali menganggap makan sahur sebagai hal sepele bahkan memilih melewatkan sahur. Saat sahur kita juga berkejaran dengan waktu Imsak sehingga kita sering kali makan seadanya. Akibatnya badan akan lemas seharian yang berujung tidak produktif. Padahal manfaat sahur itu membantu metabolisme tubuh untuk tetap normal berjalan normal di tengah puasa

Nah bulan puasa ini, Amboja memiliki saran masakan yang cepat dan sehat untuk diolah saat sahur. Berikut ulasannya

1. Sop Sayur

https://www.instagram.com/amboja.farm/

Sop sayur menjadi pilihan resep yang termasuk mudah dibuat dan kuahnya menyegarkan untuk dimakan. Ditambah dengan sayuran seperti wortel, kubis dan kentang yang memiliki serat tinggi berguna untuk menjaga kondisi lambung kenyang lebih lama.

  • Bahan yang disiapkan:

kubis/kol, wortel, seledri, kentang dan bakso (opsional bisa diganti sosis atau ayam). Bumbu: bawang merah, bawang putih, merica dan garam.

  • Cara masak:

Tumis bawang putih, bawang merah, dan merica  hingga harum. Didihkan air, kemudian masukkan bumbu tumisan dan ayam (opsional). Masukkan pula sayuran dari yang paling lama matangnya kentang, wortel, kubis/kol, seledri

2. Pecel

https://www.instagram.com/amboja.farm/

Secara visual Pecel mirip dengan lotek atau gado-gado karena memiliki bahan yang sama. Bedanya adalah pecel memiliki sambal kacang yang diawetkan sehingga mudah diperoleh di pasar, penjual sayur maupun dijual secara online. Membuat pecel sangat praktis, kita tinggal merebus sayuran dan mengencerkan sambal pecelnya.

Kita dapat menggunakan sayuran seperti bayam, wortel, kacang panjang, dan kecambah. Sayur ini opsional dapat diganti sayur lain sesuai selera. Bila sayur sudah tersedia, kita tinggal mengencerkan sambal pecel dengan air. Keencerannya dapat dikira-kira sesuai keinginan kita.

Pecel menjadi olahan yang sangat sehat karena terdapat berbagai sayuran yang berserat tinggi dan kaya vitamin. Manfaatnya ketika puasa akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membuat pencernaan lancar.

3.Tumis

https://www.instagram.com/amboja.farm/

Tumis juga menjadi pilihan olahan yang mudah dibuat karena bumbunya hanya bawang merah, bawang putih dan cabai. Pilihan sayur yang akan ditumis pun sangat beragam seperti kangkung, kacang panjang, tauge, brokoli, caisim, atau jagung muda. Semua sayur tersebut dapat dicampur satu sama lain dan ditambahkan bahan lain seperti tahu atau tempe

  • Cara memasak:

Tumiskan bawang merah, bawang putih dan cabe. Masukkan garam dan gula secukupnya. Lalu masukan sayur yang telah disiapkan.

Tumis sangat cocok bagi yang menyukai masakan dengan cita rasa yang lengkap, gurih, pedas, manis, asin. Untuk masak sahur, kita dapat menyiapkan bahan dan bumbunya pada malam harinya sehingga paginya hanya tinggal memasukan saja

4. Oat buah

Oat menjadi sumber karbohidrat sehat yang sangat baik dimakan ketika sahur. Seratnya yang tinggi membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu cara membuatnyapun sangat mudah dan dapat ditambahkan dengan buah yang kita suka

  • Bahan yang diperlukan:

Siapkan oat 6-8 sdm, air 100 ml, madu 5 sdm dan dan irisan buah naga, pisang dan jeruk. Pisang adalah buah yang baik untuk dikonsumsi untuk puasa karena memiliki kandungan energi yang besar untuk puasa.

  • Cara membuat:

Didihkan air dan masukan oat untuk masak. Tunggu lima menit dan tunggu sedikit dingin. Bila ingin lebih cepat, oat dapat dimasak dahulu pada malamnya dan dapat ditaruh di kulkas agar dingin. Blender buah pisang tambahkan sedikit air dan madu. Campurkan oat dan pisang blender. Tambahkan irisan buah naga dan jeruk (buah dapat diganti sesuai selera).

Tidak kalah penting dari semua menu di atas adalah air putih yang harus tercukupi. Cairan dalam tubuh perlu juga dijaga dengan air putih yang dikonsumsi saat sahur. Konsumsi sayur dan buah yang beragam dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh ketika puasa. Pilihan menu di atas dapat menjadi alternatif santapan sahur anda di bulan puasa ini.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tertarik dengan produk kami?

0