2 minggu ago

Cek Kesegaran Seafood Sebelum Memasak

Seafood merupakan sumber protein hewani dari laut yang memiliki cita rasa lezat sehingga digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Untuk sampai di tangan konsumen, Seafood memiliki rantai distribusi yang panjang. Tidak dipungkiri, saat berbelanja seafood kita seakan dibayangi pertanyaan “apakah seafoodnya masih segar?”.

Hal pertama yang harus diperhatikan bila sobat Amboja membeli di luar Tempat Pelelangan Ikan adalah seafood dijual beku, jadi pastikan seafood yang dibeli di Supermarket, Pasar Tradisional dan Online masih dalam keadaan beku. Setelah sobat memastikan seafood beku langkah selanjutnya adalah memastikan kesegaran atau kelayakan konsumsi dari seafood tersebut. Untuk membantu sobat Amboja di rumah mengecek kesegaran seafood, berikut yang harus diperhatikan sesuai jenis produk seafood.

  • Ikan

Ikan yang segar memiliki warna kulit terang dengan sisik ikan yang masih kuat melekat dan mengkilat. Daging ikan segar bila ditekan terasa keras dan kenyal, mata jernih menonjol dan cembung serta insang masih berwarna merah. Ikan segar memiliki aroma spesifik sesuai dengan jenis ikan, setiap ikan memiliki aroma khas. Terkadang kita terkecoh dengan aroma khas ikan tertentu sehingga mengiranya sudah busuk. Untuk itu lakukan double cek dengan memperhatikan beberapa bagian yang dapat menjadi indikator kesegaran ikan.

  • Udang

Udang segar kualitas terbaik memiliki daging padat dengan kulit keras. Untuk memastikan tingkat kesegaran udang dapat dilihat dari warnanya, masih cenderung putih dan cenderung bening. Udang yang kurang segar akan menunjukkan warna akan memerah, biasanya mulai dari kepalanya terutama isi kepalanya. Beginilah tingkatan warna yang menunjukkan kesegaran udang yaitu putih bening – putih – putih kemerahan – merah.

  • Lobster

Lobster biasa dijual dengan keadaan hidup atau biasanya dibekukan dalam box es yang membuat lobster tetap segar sampai ke tangan konsumen. Walaupun kita menerimanya dalam box es, lakukan cek dengan memperhatikan warna lobster yang cerah mengetuk cangkang lobster. Lobster yang masih segar akan sedikit merespon gerakan yang diberikan.

  • Cumi

Mengenali cumi yang masih segar dapat dilihat dari beberapa hal yaitu cumi masih mengeluarkan  tinta saat dibersihkan, dagingnya yang masih mengkilap kenyal dengan warna putih dengan bintik kemerahan (belum berubah menjadi ungu tua). Aroma cumi segar tidak berbau amis namun aroma khas cumi yang segar.

  • Kerang

Kerang merupakan jenis seafood yang berukuran kecil dengan cangkang yang mengatup. Cangkang inilah yang dapat kita gunakan sebagai indikator kesegaran seafood. Kerang yang masih segar atau hidup memiliki cangkang yang masih terbuka dan aroma yang kerang yang khas laut, bila cangkang sudah menutup dan berbau busuk maka dapat dipastikan kerang sudah mati.

Bila sobat Amboja akan membeli seafood maka informasi di atas dapat membantu sobat dalam menentukan kelaiakan seafood untuk dikonsumsi. Setiap jenis seafood memiliki bentuk dan tekstur yang unik sehingga konsumen perlu cermat mengecek kesegaran seafood sesuai jenisnya. Aroma dan warna seafood menjadi indikator yang paling mudah dikenali oleh konsumen.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tertarik dengan produk kami?

0