1 tahun ago

Yuk ajak anak menyukai sayuran

Ibu menjadi figur yang kuat dalam menumbuhkan rasa suka anak terhadap sayuran sebab sejak dari bayi kontrol makanan ada pada ibu.  Peran ibu dalam mengolah sayuran sangatlah penting dalam menentukan ketertarikan anak terhadap olahan sayur. Buat sebagian orang, sayuran memang tidak menarik karena rasanya yang tidak lezat. Maka perlu ada usaha dari ibu agar anak suka terhadap sayuran

Pertama, Ibu perlu mengidentifikasi dominan rasa yang paling disukai oleh anak. Rasa kesukaan anak bisa saja asin, manis, pedas, gurih bahkan bisa campuran di antaranya. Kemudian, buatlah olahan sayur yang mirip dengan rasa yang disukai oleh anak. Selain menonjolkan rasa yang disukai, akan lebih baik bila ibu juga dapat membuat bentuk makanan yang mirip dengan yang disukai dengan bahan dasar sayur.

Kedua, saran ini berkaitan dengan dengan tips pertama. Ibu dapat mengkombinasikan sayur dengan bahan lain seperti daging, ikan, roti, mayonaise, maupun keju. Cara lain adalah mengolah sayuran ke dalam bentuk yang lain misalnya menjadi mie sayur, sate sayur, atau burger sayur. Bangkitkan selera makan anak olahan sayur yang menggugah selera makan. Anda dapat mencari inspirasi olahan sayur di internet.

Ketiga, berikan ragam warna sayur selain hijau. Anda dapat mencari warna sayuran lain yang menarik untuk diolah. Ada banyak warna sayuran yang dapat anda pilih seperti wortel, selada merah, kentang, kol putih, bayam hijau. Coba anda padukan warna tersebut menjadi satu piring menjadi sebuah salad atau ketoprak. Berikan warna dan rasa yang menarik untuk dimakan anak anda.

Keempat, olah sayur dengan cara yang tepat yaitu tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.. Ini untuk menghindari hilangnya manfaat dan tekstur sayuran. Memasak dengan cara yang tepat juga akan membantu menimbulkan kesan yang lezat terhadap sayuran.

Bila anda tidak dapat mengolahnya sendiri, tidak perlu kuatir. Anda dapat membeli sayur olahan terdekat dari rumah anda yang praktis. Semua ibu memiliki caranya masing-masing untuk mendukung tumbuh kembang anaknya. Semoga tips di atas dapat membantu ibu, ayo semangat ibu seluruh Indonesia!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tertarik dengan produk kami?

0