instagram.com/amboja.farm

3 months ago

Tips Mencuci Sayuran Sesuai Jenisnya

Sebelum dimasak, sayur yang sudah kita beli tentu saja harus dicuci terlebih dahulu. Mencuci sayuran penting dilakukan agar sayuran yang akan dikonsumsi terhindar dari berbagai bakteri seperti Eschericia coli dan Toxoplasma gondii, selain itu mencuci sayuran juga dapat dilakukan sebagai pencegahan adanya sisa pestisida yang terdapat dalam sayur untuk masuk ke dalam tubuh. Banyak orang yang masih belum tahu bahwa ada berbagai macam cara atau tips untuk mencuci sayuran. Setiap sayuran ternyata memiliki cara mencucinya masing-masing agar didapatkan hasil yang bersih maksimal.

1. Jenis Sayur yang Keras

Bersihkan sayur yang tergolong keras seperti sawi putih dan kentang dengan cara menyikat menggunakan sikat berbulu lembut, kemudian bilas dengan menggunakan air mengalir untuk mendapatkan hasil yang bersih maksimal.

2. Jenis Sayur yang Berserat Halus

Bersihkan sayur yang tergolong keras seperti selada dan bayam dengan air dingin yang mengalir seperti air dari wastafel. Kemudian jangan lupa untuk membuang bagian yang kurang baik pada sayuran agar didapatkan hasil yang baik dan bersih maksimal.

3. Jenis Sayur yang Memiliki Sudut Tersembunyi

Untuk membersihkan sayur yang memiliki sudut tersembunyi seperti brokoli dan pare, dapat dilakukan perendaman terlebih dahulu dengan air dingin selama kurang lebih dua menit, kemudian bilas menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel.

Itulah beberapa tips untuk mencuci sayuran dengan benar. Waktu yang tepat untuk mencuci sayuran adalah ketika akan memasak sayuran, hal itu karena sayuran yang basah akibat dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan dapat menciptakan pertumbuhan bakteri sehingga sayuran menjadi tidak tahan lama dan cepat rusak.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tertarik dengan produk kami?