1 tahun ago

Variasi warna sayur untuk kesehatan tubuh

Tidak diragukan lagi bahwa sayur memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dengan kandungan nutrisi di dalamnya.  Kandungan nutrisi ini juga memiliki kaitan erat dengan warna sayur. Selama ini kita cenderung memakan sayur dengan warnanya yang hijau seperti bayam dan brokoli. Namun tahukan kalian bahwa sayur memiliki beberapa warna yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh ?

Warna Hijau

Warna hijau menunjukkan kadar zat hijau (klorofil) yang tinggi dalam tumbuhan. Klorofil ini yang membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh untuk mencegah anemia dan mempercepat proses penyembuhan luka. Sayuran hijau juga memiliki kandungan asam alegat digunakan untuk detoksifikasi tubuh untuk mengeluarkan racun dan zat karsinogenik (penyebab kanker) dalam tubuh. Artinya sayuran hijau juga membantu mencegah kanker.

Sayuran dan buah berwarna hijau dapat meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, brokoli, dan pare.

Warna Putih

Warna putih mengandung vitamin C dan serat yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga sistem pencernaan. Sayuran tidak berpigmen ini juga mengandung alicin yang mengontrol kolestrol dan tekanan darah.

Sayuran dan buah berwana putih ini terdapat pada kembang kol, sawi putih, lobak, tauge, bawang putih dan bawang bombay, rebung, buah manggis, leci, buah naga putih.

Biru atau Ungu

Sayur dan buah berwarna ungu mengandung anthocyanin yang bermanfaat melindungi pembuluh darah sehingga berguna mencegah stroke dan jantung,. Kandungan flavonoid berperan melawan beberapa jenis kanker. Warna ini juga memiliki kandungan Vit.A dan Vit.E yang baik untuk kesehat mata, kulit dan otak, terlebih bagi yang bermasalah dengan daya ingat. Sayur dan buah ini meliputi terong, anggur, berbagai jenis berry, bit.

Kuning atau jingga

Sayur dan buah warna jingga ini memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Kandungan betakaroten ini berfungsi untuk menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel tubuh, menjaga kesehatan mata, kulit dan tulang. Kandungan lain seperti Vit. A dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan Vit. B komplek untuk mencegah cacat janin pada ibu hamil. Pilihan sayur dan buah warna kuning seperti labu, paprika, wortel, jagung, lemon, mangga.

Merah

Zat warna merah yang terkandung pada buah dan sayur memiliki banyak kandungan anthocyanin yang berperan menjaga kesehatan saluran kandung kemih. Kandungan likopen dan flavonois membantu mencegah kanker dan menjaga daya ingat. Kandungan antioksidan yang tinggi berguna menurunkan kolestrol dan menjaga kesehatan jantung.  Sayur dan buah berwarna merah dapat ditemukan pada tomat, semangka, paprika merah, cabai, bayam merah, semangka, strawberry.

Beragam bukan pilihan warna dari sayur dan buahan yang ada disekitar kita. Nah, kalian dapat mengkombinasikan berbagai warna sayur agar lebih menarik, namun juga memiliki banyak nutrisi. Perawatan selama proses penanaman juga sangat mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Amboja sebagai produsen sayuran segar berkomitmen menghasilkan sayuran yang berkualitas. Kami berusaha menjaga nutrisi dalam sayur dan buah tetap terjaga dengan baik hingga tetap segar sampai di tangan konsumen. Komitmen Amboja ini terwujud mulai dari proses persiapan bibit dan tanah, penanaman, pemeliharaan, panen hingga pengemasan ditangani oleh petani profesional di lahan milik kami, di lereng Merapi. Konsumen tidak perlu kuatir untuk mendapatkan hasil panen terbaik kami, karena semuanya tersedia di minimarket dan supermarket terdekat dengan anda. Anda bebas membuat menu sehat anda berwarna dengan buah dan sayur yang anda pilih. Selamat mencoba menu kreasimu!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tertarik dengan produk kami?

0